Serba Serbi E-Commerce / Internet Business
Panduan Bisnis Online Shop ala Broker
Saat ini, hampir semua calon konsumen menanyakan, “Ada
websitenya nggak?” apabila ditawari sebuah produk, jasa atau
pilihan berbisnis. karena itulah, kini, keberadaan sebuah Toko
Online / internet marketing system menjadi hal penting dalam
menjalankan business, baik berjualan barang maupun jasa.
Masalah apa saja sih yang ditemui saat telah memiliki Toko Online /
online shop?
Siapa sebetulnya yang menjadi target customer?
Apakah intenational atau tetap nasional?
Satu hal lagi yang harus dipikirkan adalah :
masalah pembayaran, pemesanan, pengepakan
dan pengiriman.
Berikut adalah hasil masukan dari anggota dan moderator milis
Dunia Wirausaha yang sukses berjualan lewat internet, maupun
sukses pula menjadi konsumen Toko Online ;-)
Umumnya masalah yang ditemu bagi konsumen atau calon
customer dari Indonesia adalah berkaitan dengan kepercayaan.
Calon customer masih banyak yang susah percaya dengan sistem
penjualan online, (takut tertipu seperti sudah melakukan
pembayaran namun tidak ada pengantaran barang).
Cara paling mudah untuk mencegah hal ini adalah dengan
mencantumkan alamat dan no telepon di website atau di signature
email karena ini menjadi bukti bahwa penjualan ini tidak main-main
atau bohongan, sekaligus memberikan kepercayaan pada calon
customer bahwa penjual “mudah dicari”.
Ini sesuai pula dengan masukan salah seorang anggota Milis Dunia
Wirausaha yang melihat performance sebuah online shop
berdasarkan history penjualan selama ini, misalnya di Ebay dimana
customer bisa melihat sudah berapa banyak penjualan yang
berhasil dilakukan.
Ketidakpercayaan ini juga bisa timbul karena calon customer tidak
bisa melihat langsung contoh barang yang dijual. Karena itu,
sebaiknya ada pula keterangan mengenai Info Barang.
Perlu adanya info tentang barang yang jelas dan cukup detil karena
calon customer tidak bisa langsung memegang dan melihat
(langsung) barang yang ingin dibeli. Foto produk adalah hal yang
sangat penting, termasuk juga apabila barang ybs multifungsi.
Sebaiknya menyediakan berbagai tampilan foto yang
memperlihatkan masing-masing fungsinya.
Detail lain misalnya menyediakan:
-Pilihan warna (dengan foto)
-Info ukuran
-Info bahan
-Info perawatan
-Info pengecekan jumlah barang yang tersedia sebaiknya langsung
tersedia info ini (bukan menghubungi kembali), karena ini akna
mempengaruhi keinginan customer untuk membeli (berkaitan
dengan total berat barang yang yang akan dibeli dan
perbandingannya dnegan ongkos pengiriman) .
Harga yang kompetitif
Customer online biasanya akanlebih mudah membandingkan
dengan harga-harga jual di toko online lainnya ataupun toko biasa.
Untuk Pengiriman
TIKI termasuk salah satu jasa pengiriman yang direkomendasikan
karena calon customer bisa mengecek sendiri lewat www.tiki.co.id
untuk melihat harga kirim sesuai wilayah dan berat.
Pengiriman yang murah dan cepat biasanya menjadi masukan juga
untuk si calon customer. Beban biaya pengiriman akan lumayan
terasa berat jika barangnya sendiri kecil secara ukuran atau murah
secara nominal harga.
Akan lebih baik jika ada penawaran beberapa jenis kiriman, biasa
atau ekspress.
Ada pula pengiriman barang yang tidak memperhatikan dimensi
dan berat total barang.
Alternatif lain:
Membuat jasa kurir sendiri (khusus) untuk melayani pengiriman
(untuk pengiriman lokal, misalnya Jakarta saja) dimana jasa kurir
ini juga bisa bekerja sama dengan kurir lain untuk pengiriman luar
kota.
Untuk pembayaran pun bisa ada beberapa alternatif:
Umumnya akan lebih mudah bagi customer apabila ada beberapa
pilihan pembayaran misalnya: transfer bank setelah barang
diterima, pembayaran didepan atau kartu kredit.
Untuk COD, sebaiknya hal ini dipilih apabila menggunakan jasa
kurir pribadi, terutama untuk customer baru (yang baru pertama
kali membeli atau memakai jasa) dimana umumnya mereka lebih
merasa aman dengan COD).
Akan jadi nilai plus apabila sang kurir bisa menerangkan pada
customer tentang cara pemakaian barang tersebut.
Pengemasan
tergantung apa barang apa yang jual.
Biasanya kalau dekat, cukup dengan plastik.
namun untuk luar kota tetap ahrus ada pengemasan yang lebih
secure apalagi jika barangnya dapat rusak atau pecah.
Tips lain untuk yang mempunyai Toko Online:
Customer Service
Harus siap di hubungi oleh customer kapan saja, karena ecommerce tergolong baru di Indonesia, jadi jika barang belum
diterima, customer sering was-was dan terus menerus
menghubungi penjual, intinya customer service yang cepat
menanggapi pertanyaan maupun keluhan.
Pilih tempat web hosting yang reliable dan supportnya mudah di
hubungi.
Adanya keterangan update pemesanan sampai pengiriman.
Misalnya:
-Pemberitahuan setelah form pesanan diterima.
-Pemberitahuan setelah pembayaran diterima.
-Pemberitahuan mengenai waktu pengiriman dan perkiraan tiba di
tempat pembeli.
Insentif untuk pengunjung atau customer.
Misalnya untuk customer yang 'aktif' di website tsb, ex: tersedia
potongan harga senilai Rp. X untuk pengunjung yang mengisi
kuesioner.
Intinya, seperti masukan seorang nggota milis Dunia Wirausaha
yaitu Toko Online yang “bagus” adalah yang bagus secara sistem
aplikasi juga sistem pelayannya.
Karena itu pemilik juga harus memperhatikan sumber pendanaan
per bulannya – untuk hosting dan domain misalnya. Jika belum
mendapatkan pendapatan dari web, harus menyediakan cadangan
dana.
Karena itu mengkomersialisasikanweb Toko Online juga bisa
menjadi perhatian khusus. Contoh, lewat pemasangan iklan banner
Dimana, pengiklan banner biasanyamau memasang iklan apabila
web tersebut ramai pengunjungnya. Untuk melihat hal ini sediakan
juga tool untuk memeriksa traffic kunjungan, dan cara-cara internet
marketing yang baik (tidak melakukan spam).
Famous Business Saying / Quotes
"A business that makes nothing but money is a poor kind of
business"-Henry Ford
"I viewed it as a business, but I always viewed it as a game. An
opportunity to show my skills, mybasketball skills, amongst the
best in the world"-Michael Jordan
"Fear will keep you alive in a war. Fear will keep you alive in
business. There's nothing wrong with being afraid at all"-Norman
Schwarzkopf
"Keep your thinking right And your business will be right"-Zig Ziglar
"In the past a leader was a boss. Today’s leaders must be partners
with their people.. they no longer can lead solely based on
positional power"-Ken Blanchard
"Home business simply give you control of your own time being
your own boss doing things you like"-Unknown
Template Presentasi Skripsi Powerpoint