Usaha Digital Printing
printing seperti Snappy, Subur dll? Coba anda simak baik-baik
masukan berikut ini, yang merupakan rangkuman disukusi dan
sharing pengalaman beberapa anggota Milis Dunia Wirausaha
minggu lalu mengenai usaha digital printing, fotocopy, design
grafis, warnet juga rental komputer.
Tentukan target konsumen
Misalnya:
Untuk orang-orang yang butuh percetakan cepat spt undangan,
kartu nama, presentasi, brosur, dll. Tentunya harus instant alias
bisa ditunggu karena menggunakan digital printing yg meniadakan
proses konvensional yg lama. Hal ini membutuhkan modal yang
cukup besar karena mesin digital printing seperti punya Snapy
terhitung ratusan juta.
Mungkin bisa pula menekan biaya melalui
leasing atau kredit ke bank untuk pembelian printer, komputer, dll.
Salah seorang anggota Milis DW menceritakan pengalamannya
membuka usaha percetakan yang dimulai dari menerima settingan
dulu, sebelum menjalar ke proseslainnya alias tidak langsung
membuka usaha dengan skala besar.
Secara umum, modal yang besar tentunya akan mempermudah
melakukan usaha. Namun, bukan berarti modal kecil akan
menghambat usaha. Bisa dimulai dari networking terlebih dulu
sambil mencari investor, customer, partner, dan supplier.
Dengan modal awal Rp. 10jt untuk membuka usaha digital printing,
maka akan diperlukan beberapa hal berikut:
1 komputer P4 dengan spesifikasi grafis ( beli second lebih murah )
Rp. 4jt
1 printer laser untuk bikin film sablon Rp. 1jt
1 scanner Rp. 500rb
1 printer inkjet (merek terserah cari ukuran A4 utk awal, tapi cari
refill tinta yang berkualitas, untukmenghindari catridge sering
rusak karena kualitas tinta yang jelek ) Rp. 500rb
Sisanya untuk sewa tempat, pengadaan kertas dan sedikit promosi.
Karyawan
Tentu harus ada yang pintar disain. Bisa dua pilihan. Menyewa jasa
seseorang yang memang sudah jago dulu untuk bisa saling belajar
dan mengajari (tidak pelit bagi ilmu dengan pegawai lainnya) atau
memang belajar dari awal sekali. Spesifikasi pekerjaan mencakup
(contoh):
1. Disain gambar, edit foto, disain spanduk,
2. Membuat stempel, sablon kop surat, kartu nama, amplop
3. Cetak brosur, flyer dan cetakan lainnya.
Masukan lainnya menyebutkan bahwa untuk masalah disain grafis,
perlu diketahui adanya dua golongandisain grafis: operator atau
yang memang creative designer.
Biasanya operator komputer bisa mengerjakan kerjaan grafis, tetapi
(kebanyakan) untuk pekerjaan setting-an. Ini tidak diperlukan
pendidikan formal, bisa belajar secara otodidak, yang penting
kenal/tahu program-program grafis.
Adakalanya pekerjaan grafis tidak bisa dikerjakan oleh operator
grafis seperti ini, namun perlu seorangg creative designer yang
salah satu tugasnya adalah membuat konsep disain.
Gaji akan berbeda cukup jauh dari operator grafis. Untuk yang
sudah jago, gajinya bisa mencapai Rp. 5jt.
Akan ada pula kasus dimana customer menginginkan disain yang
sesuai keinginan sendiri sehingga saat sang disainer mengerjakan,
customer akan ikut duduk disampingnya untuk mengomentari atau
mengutarakan keinginan-keinginan. Intinya, bukan membuat
konsep untuk sebuah disain melainkan mengerjakan konsep sang
customer. Untuk kasus seperti ini maka gaji tidak sebesar creative
disain.
Selain itu, ada pula pegawai yang tidak digaji, tapi sharing dari hasil
pekerjaanya sebesar 40% (1 pegawai, 1 komputer, 1 scan, 1
printer) kalo dirata-rata gaji pegawai untuk disain grafis (2 orang)
masing-masing menerima Rp. 1jt-1,5 jt perbulan. Sementara itu,
untuk tukang sablon dan tukang ketik rata-rata @ Rp. 400rb-700rb/bulan,
Sewa Tempat
Hal ini tergantung pada lokasi. Misalnya yang pinggir jalan raya
sewanya Rp. 7jt/ tahun. Ada pula yang lokasinya agak masuk
kedalam gang, maka sewanya “hanya” Rp. 4 jt/tahun.
Service yang disediakan umumnya:
1. Kartu nama
2. Kartu undangan.
3. Pengetikan
4. Setting dan disain brosur, repro foto.
5. Scan gambar.
6. Print warna
7. Pembuatan stempel
8. Nota, kop surat dengan sablon dan print. dan lain-lain
Cetak dengan laser warna agak mahal dibanding dengan sablon
atau order ke percetakan, tapi kelebihannya adalah menerima
pemesanan misalnya hanya 1 lembar saja (lebih ngirit) karena tidak
semua langganan mau pesan dalam jumlah besar. terkadang hanya
pesan 10 lembar buat proof atau contoh.
Salah seorang anggota Milis yang bergerak di bidang usaha ini
sempat pula berbagi mengenai masalah biaya bulanan dalam
menjalankan usaha:
1. Pengadaan kertas Kwarto, Folio, A4. Masing-masing butuh dua
rim per bulan (tergantung orderan dan pekerjaan )
2. Listrik Rp. 150rb - 200rb
3. Telpon Rp. 150rb - 200rb
4. Keamanan Rp. 20rb
5. Refill tinta dua printer (yang kulitas no 1 seharga Rp. 35rb/warna
)
6. Refill tinta laser jet Rp.125rb ( bisa habis dalam 1 - 2 bulan,
tergantung pemakaian)
Boleh dibilang usaha digital printing merupakan salah satu jenis
usaha yang cukup jadi favorit, dan akibatnya antara lain, banyak
saingan. Namun hal ini dianggap bukan merupakan hambatan
karena yang terpenting adalah kualitas kerja, variasi pekerjaan
yang bisa kita tangani serta kelebihan pelayanan yang ramah,
lancar dan siap membantu.
Pendirian Badan Usaha
Banyak calon-calon entrepreneuryang masih belum mengetahui
langkah-langkah yang harus diikuti dalam dalam mendirikan Badan
Usaha seperti CV, UD, dan PT.
Berdasarkan masukan dari para anggota Milis Dunia Wirausaha
beberapa waktu yang lalu, inilah beberapa step yang dapat anda
ikuti dalam mengurus pendirian badan usaha tersebut.
Pada dasarnya, ada prosedur yang “mudah” namun biaya relatif
tinggi, yaitu menggunakan jasa orang lain (biro jasa). Jadi, mulai
dari pembuatan sampai nanti laporan-laporannya, dikerjakan oleh
orang yang kita “sewa” tersebut.
Biaya
Berdasarkan pengalaman beberapa anggota Milis DW, perkiraan
biaya pembuatan CV di Surabaya sekitar Rp.2jt-3jt (termasuk biaya
pembuatan akte pendirian sekitar Rp. 300-500rb) -- tahun 2004.
Untuk PT sekitar Rp. 7jt-8jt. Sementara itu, untuk laporan bulanan
dan tahunan, ada rekan anggota Milis DW yang membayar sekitar
Rp 100rb per bulannya (ke orang yang mengerjakan atau biro jasa
tersebut).
Ada pula yang mengeluarkan biaya kebiro jasa (bisa dilihat dari
iklan koran) sekitar Rp 1,2jt sudah termasuk biaya domisili
perusahaan, selain itu ada yang merinci sbb:
1. Akta notaris Rp. 400rb (Siapkan KTP dan KK)
2. SIUP Rp. 300ribu
3. TDP Rp.100-200rb
4. NPWP Rp.200 ribu
5. Surat ijin domisili Rp.50ribu
Biaya trenyata cukup bervariasi, kadang tergantung dengan siapa
kita berhubungan di tempat-tempat pengurusan
CV:
1. Ke Notaris untuk membuat akte pendirian.
2. Setelah itu kita minta surat pembuatan NPWP ke Desperindag.
3. Mengurus surat domisili perusahaan ke RT, RW, Kelurahan,
Kecamatan untuk kemudian dibawa ke kantor pajak tingkat camat.
4. Setelah mendapatkan NPWP perusahaan, kita serahkan kembali
ke notaris untuk didaftarkan ke pengadilan untuk kemudian
mendapatkan Akte Perusahaan.
Konsultasi ke Notaris juga bisa dilakukan untuk laporan pajak
bulanan.
Ada yang menceritakan pengalaman dalam hal mengurus laporan
pajak: Seandainya terlambat maka lebih baik tidak usah diurus
sama sekali karena orang pajak tidak akan tahu. Justru saat kita
laporan maka kita akan didenda. Ini untuk kasus usaha yang belum
terlalu besar alias masih merintis, ditulis nihil pun bisa.
Untuk laporan tahunan, direktur utama harus punya NPWP pribadi.
Ada pula, anggota Milis DW yang mengikuti langkah-langkah berikut
dalam pembuatan CV:
1. Akta Notaris. Pendaftaran akta notaris ke departemen
kehakiman.
2. Tanda daftar peruahaan (TDP) ke Deperindag.
3. Surat Ijin Usaha perusahaan (SIUP)
4. NPWP (banyak klien yang akan meminta NPWP badan usaha
sehingga dianggap cukup perlu)
6. Surat ijin domisili ke kelurahan.
7. Untuk yang mau membuka usaha catering, harus ada surat dari
dinas kesehatan
Secara Kepengurusan:
UD bisa perorangan.
CV minimal harus ada 2 orang karena ada dua kepengurusan,
persero aktif dan persero pasif. Kalau disamakan di PT, persero
aktif itu direksi sedangkan persero pasif itu komisaris.
Beberapa instansi (terutama BUMN), lebih mengutamakan
kerjasama dengan badan usaha berbentuk PT.
Bila terjadi kebangkrutan:
PT: yang disita hanya sebatas modal awal.
CV dan UD: “dikejar” sampe harta paling pribadi (untuk CV, hanya
persero aktif yg dikenakan sanksi ini) karena sistemnya
penggabungan harta.
Template Presentasi Skripsi Powerpoint